Nama :
SANI HIDAYATI
NPM :
1411030223
Jurusan/kelas :
Manajemen pendidikan islam / E
1. Apa
yang anda ketahui tentang bisnis ?
Jawab
:
Bisnis
adalah usaha menjual barang atau jasa yang dilakukan oleh perorangan,
sekelompok orang atau organisasi kepada konsumen ( masyarakat ) dengan tujuan
utamanya adalah memperoleh keuntungan atau laba.
2. Jelaskan
beberapa penetapan harga jual yang dilakukan oleh perusahaan ?
Jawab
:
a. Pendekatan
break even analysis ( analisis titik impas )
Yaitu biaya produksi
yang dibelanjakan perusahaan dibedakan menjadi dua komponen yaitu biaya tetap (
biaya yang tergantung pada jumlah produk yang diproduksi ) dan biaya variabel (
biaya yang mengalami perubahan apabila kualitas berubah ).
b. Pendekatan
mark up pricing
Yaitu untuk menentukan
harga menurut pendekatan ini terlebih dahulu perusahaan harus menghitung biaya
produksi perunit berdasarkan asumsi tertentu, asumsi tersebut meliputi biaya
variabel rata-rata.
c. Penetapan
harga yang kompetitif
Yaitu penetapan yang
berlaku dalam pasar barang dimana terdapat banyak produsen dan penjual.
d. Menentukan
harga terobosan ( penetrating pricing )
Yaitu digunakan ketika
meluncurkan produk baru yang menetapkan harga pada tingkat yang rendah dengan
harapan dapat memaksimalkan volume penjualan.
e. Menetapkan
harga berdasarkan permintaan/demand
Penentuaan harga ini
terutama dipraktikan oleh perusahaan jasa seperti pengangkautan kerata api yang
menetapkan harga tiket yang berbeda pada hari biasa atau pada masa liburan
sekolah.
f. Kebijakan
harga tinggi jangka pendek
Menetapkan harga tinggi
yang bersifat sementara dan belum mengalami persaingan dan akan menetapkan
harga tinggi agar pengembalian modal dapat dipercepat.
3. Apa
yang anda ketahui tentang periklanan, publikasi dan promosi penjualan dan
berikan contohnya ?
Jawab
:
a. Periklanan,
yaitu suatu bentuk komunikasi yang ditunjukan untuk mengajak orang yang
melihat, membaca atau mendengarnya untuk melakukan sesuatu.
Contoh : iklan minuman
isotonic pocori sweat diiklankan lewat media elektronik seperti tv, koran atau
media sosial facebook dan twitter.
b. Publkasi,
yaitu sebuah istilah teknis dalam konteks hukum dan utama dalam hukum hak
cipta, suatu hak cipta diberikan bagi penulis atas karyanya yang merupakan hak
eksekusif yang diberikan untuk mempublikasikan karyanya.
Contoh : seorang
penulis mempublikasikan karya bukunya kepada masyarakat agar membeli karyanya
tersebut.
c. Promosi,
yaitu suatu usaha dari penjual dalam menginformasikan barang atau jasa kepada
pembeli agar konsumen tertarik untuk melakukan transaksi pembelian barang atau
jasa yang ditawarkan.
Contoh : sebuah
perusahaan akan meluncurkan produk baru ( sosis champ ) maka produk ini akan
disebarkan kepada masyarakat dan ditanyakan diTV dengan harga yang terjangkau.
4. Jelaskan
perananya teknologi informasi dalam dunia bisnis ?
Jawab
:
Pada
prinsipnya peran teknologi dalam pemasaran adalah sebagai alat untuk
mempermudah proses pemasaran, dan untuk meningkatkan eksistensi sebuah
perusahaan atau suatu badan usaha yakni untuk menunjang kegiatan-kegiatan yang
saling berhubungan, ditunjukan untuk merencanakan atau menentukan harga serta
kaitannya dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa kepada
kelompok pembeli, sehingga pemasaran barang dan jasa dapat berjalan secara
maksimal serta semua pekerjaan akan lebih cepat dan akurat dan mengurangi biaya
yang tidak diharapkan dan dapat meningkatkan fleksibilitas.
5. Jelaskan
etika bisnis wajib diterapkan dalam bisnis ?
Jawab
:
1. Etika
bisnis berdasarkan etika pribadi
Yaitu tidak ada
perbedaan yang tegas antara etika bisnis dan pribadi dengan moralitas dan
nilai-nilai yang diyakini sebagai kebenaran
2. Etika
bisnis berdasarkan pada fairness
Yaitu apakah kedua
pihak yang melakukan negoisasi telah bertindak dengan jujur? Dan apakah setiap
konsumen diperlakukan dengan adil dan setiap karyawan diberikan kesempatan yang
sama?
3. Etika
bisnis membutuhkan integrasi
Yaitu memperlakukan
orang dengan hormat, jujur dan integrasi dan menepati janji dan melaksankan
komitmen
4. Etika
bisnis membutuhkan kejujuran
Seorang pengusaha harus
jujujr mengakui keterbatasan yang dimiliki oleh produknya
5. Etika
bisnis dapat dipercaya
Jika usaha yang
dijalani mengalami kerugian maka terbuka dengan klien/stake-horder anda
6. Etika
bisnis membutuhkan perencanaan bisnis
Semakin jelas rencana
perusahaan tentang pertumbuhan, stabilitas, keuntungan dan pelayanan maka
semakin kuat komitmen perusahaan terhadap praktik bisnis
7. Etika
bisnis membutuhkan keuntungan
Bisnis yang dikelola
dengan baik, memiliki sistem kendali internal dan bertumbuh dan bisnis yang
tidak menghasilkan keuntungan bukanlah perusahaan yang beretika
8. Etika
bisnis berdasarkan nilai
Perusahaan yang
beretika harus merumuskan standar nilai secara tertlis yang bersifat spesifik
tetapi berlaku secara umum
6. Jelaskan
dan bericontoh apa yang dimaksud perusahaan, organisasi dan manajemen ?
Jawab
:
a. Perusahaan,
yaitu suatu tempat untuk melakukan kegiatan proses produksi barang atau jasa
yang disebabkan karena kebutuhan manusia tidak bisa digunakan secara langsung
dan harus melewati sebuah proses disuatu tempat
Contoh : perusahaan
jasa seperti perusahaan taxi, bus, PT kereta api Indonesia
Perusahaan
perdagangan seperti agen tunggal, grosir, dan mini market
Perusahaan
manucfactur seperti pabrik dan industi.
b. Organisasi,
yaitu suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau
lebih untuk mewujudkan tujuan bersama
Contoh : organisasi
kopma ( koperasi mahasiswa ), kopma mengajarkan kita untuk menjadi seorang wirausaha
yang sukses dan belajar untuk mandiri dengan terjun dimasyarakat dengan jiwa
kewirausaha yang dimilikinya dengan ilmu-ilmu seorang pembisnis dan wirausaha
yang baik.
c. Manajemen,
yaitu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan
usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya anggota lainnya
agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan
Contoh : dalam sebuah
komplek tempat kita tinggal pasti ada yang namanya RT dan RW yang diberi
kepercayaan oleh warga sekitar untuk mengatur, menggerakan, mengkordinasi
warga-warga demi tercapainya suatu tujuan tertentu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar