Kamis, 24 Desember 2015

Nama               :  SANI HIDAYATI
NPM               :  1411030223
Jurusan/kelas   :  Manajemen pendidikan islam / E

1.      Apa yang anda ketahui tentang bisnis ?
Jawab :
Bisnis adalah usaha menjual barang atau jasa yang dilakukan oleh perorangan, sekelompok orang atau organisasi kepada konsumen ( masyarakat ) dengan tujuan utamanya adalah memperoleh keuntungan atau laba.

2.      Jelaskan beberapa penetapan harga jual yang dilakukan oleh perusahaan ?
Jawab :
a.       Pendekatan break even analysis ( analisis titik impas )
Yaitu biaya produksi yang dibelanjakan perusahaan dibedakan menjadi dua komponen yaitu biaya tetap ( biaya yang tergantung pada jumlah produk yang diproduksi ) dan biaya variabel ( biaya yang mengalami perubahan apabila kualitas berubah ).
b.      Pendekatan mark up pricing
Yaitu untuk menentukan harga menurut pendekatan ini terlebih dahulu perusahaan harus menghitung biaya produksi perunit berdasarkan asumsi tertentu, asumsi tersebut meliputi biaya variabel rata-rata.
c.       Penetapan harga yang kompetitif
Yaitu penetapan yang berlaku dalam pasar barang dimana terdapat banyak produsen dan penjual.
d.      Menentukan harga terobosan ( penetrating pricing )
Yaitu digunakan ketika meluncurkan produk baru yang menetapkan harga pada tingkat yang rendah dengan harapan dapat memaksimalkan volume penjualan.
e.       Menetapkan harga berdasarkan permintaan/demand
Penentuaan harga ini terutama dipraktikan oleh perusahaan jasa seperti pengangkautan kerata api yang menetapkan harga tiket yang berbeda pada hari biasa atau pada masa liburan sekolah.

f.       Kebijakan harga tinggi jangka pendek
Menetapkan harga tinggi yang bersifat sementara dan belum mengalami persaingan dan akan menetapkan harga tinggi agar pengembalian modal dapat dipercepat.

3.      Apa yang anda ketahui tentang periklanan, publikasi dan promosi penjualan dan berikan contohnya ?
Jawab :
a.       Periklanan, yaitu suatu bentuk komunikasi yang ditunjukan untuk mengajak orang yang melihat, membaca atau mendengarnya untuk melakukan sesuatu.
Contoh : iklan minuman isotonic pocori sweat diiklankan lewat media elektronik seperti tv, koran atau media sosial facebook dan twitter.
b.      Publkasi, yaitu sebuah istilah teknis dalam konteks hukum dan utama dalam hukum hak cipta, suatu hak cipta diberikan bagi penulis atas karyanya yang merupakan hak eksekusif yang diberikan untuk mempublikasikan karyanya.
Contoh : seorang penulis mempublikasikan karya bukunya kepada masyarakat agar membeli karyanya tersebut.
c.       Promosi, yaitu suatu usaha dari penjual dalam menginformasikan barang atau jasa kepada pembeli agar konsumen tertarik untuk melakukan transaksi pembelian barang atau jasa yang ditawarkan.
Contoh : sebuah perusahaan akan meluncurkan produk baru ( sosis champ ) maka produk ini akan disebarkan kepada masyarakat dan ditanyakan diTV dengan harga yang terjangkau.

4.      Jelaskan perananya teknologi informasi dalam dunia bisnis ?
Jawab :
Pada prinsipnya peran teknologi dalam pemasaran adalah sebagai alat untuk mempermudah proses pemasaran, dan untuk meningkatkan eksistensi sebuah perusahaan atau suatu badan usaha yakni untuk menunjang kegiatan-kegiatan yang saling berhubungan, ditunjukan untuk merencanakan atau menentukan harga serta kaitannya dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa kepada kelompok pembeli, sehingga pemasaran barang dan jasa dapat berjalan secara maksimal serta semua pekerjaan akan lebih cepat dan akurat dan mengurangi biaya yang tidak diharapkan dan dapat meningkatkan fleksibilitas.

5.      Jelaskan etika bisnis wajib diterapkan dalam bisnis ?
Jawab :
1.      Etika bisnis berdasarkan etika pribadi
Yaitu tidak ada perbedaan yang tegas antara etika bisnis dan pribadi dengan moralitas dan nilai-nilai yang diyakini sebagai kebenaran
2.      Etika bisnis berdasarkan pada fairness
Yaitu apakah kedua pihak yang melakukan negoisasi telah bertindak dengan jujur? Dan apakah setiap konsumen diperlakukan dengan adil dan setiap karyawan diberikan kesempatan yang sama?
3.      Etika bisnis membutuhkan integrasi
Yaitu memperlakukan orang dengan hormat, jujur dan integrasi dan menepati janji dan melaksankan komitmen
4.      Etika bisnis membutuhkan kejujuran
Seorang pengusaha harus jujujr mengakui keterbatasan yang dimiliki oleh produknya
5.      Etika bisnis dapat dipercaya
Jika usaha yang dijalani mengalami kerugian maka terbuka dengan klien/stake-horder anda
6.      Etika bisnis membutuhkan perencanaan bisnis
Semakin jelas rencana perusahaan tentang pertumbuhan, stabilitas, keuntungan dan pelayanan maka semakin kuat komitmen perusahaan terhadap praktik bisnis
7.      Etika bisnis membutuhkan keuntungan
Bisnis yang dikelola dengan baik, memiliki sistem kendali internal dan bertumbuh dan bisnis yang tidak menghasilkan keuntungan bukanlah perusahaan yang beretika
8.      Etika bisnis berdasarkan nilai
Perusahaan yang beretika harus merumuskan standar nilai secara tertlis yang bersifat spesifik tetapi berlaku secara umum





6.      Jelaskan dan bericontoh apa yang dimaksud perusahaan, organisasi dan manajemen ?
Jawab :
a.       Perusahaan, yaitu suatu tempat untuk melakukan kegiatan proses produksi barang atau jasa yang disebabkan karena kebutuhan manusia tidak bisa digunakan secara langsung dan harus melewati sebuah proses disuatu tempat
Contoh : perusahaan jasa seperti perusahaan taxi, bus, PT kereta api Indonesia
               Perusahaan perdagangan seperti agen tunggal, grosir, dan mini market
               Perusahaan manucfactur seperti pabrik dan industi.

b.      Organisasi, yaitu suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih untuk mewujudkan tujuan bersama
Contoh : organisasi kopma ( koperasi mahasiswa ), kopma mengajarkan kita untuk menjadi seorang wirausaha yang sukses dan belajar untuk mandiri dengan terjun dimasyarakat dengan jiwa kewirausaha yang dimilikinya dengan ilmu-ilmu seorang pembisnis dan wirausaha yang baik.

c.       Manajemen, yaitu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya anggota lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan
Contoh : dalam sebuah komplek tempat kita tinggal pasti ada yang namanya RT dan RW yang diberi kepercayaan oleh warga sekitar untuk mengatur, menggerakan, mengkordinasi warga-warga demi tercapainya suatu tujuan tertentu


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SISTEM INFORMASI UNTUK MENGAMBIL KEPUTUSAN Sistem infomasi manajemen merupakan sistem yang menghasilkan informasi bagi proses pengambilan...